Menu

Sunday, March 25, 2012

Frequently Asked Questions Pemilihan Abang Mpok Depok


1.  Apa itu Pemilihan Abang Mpok Depok?
Pemilihan Abang Mpok Depok adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Seni, dan Budaya Kota Depok dan Ikatan Abang Mpok Depok. Pemilihan ini bertujuan untuk memilih pemuda-pemudi Kota Depok yang cerdas dan berbudaya, untuk menjadi Duta Pariwisata, Seni, dan Budaya Kota Depok.

2. Apa itu IKAM?
IKAM adalah singkatan dari Ikatan Abang Mpok Depok, yaitu perkumpulan alumni Pemilihan Abang Mpok Depok sejak tahun 2002.

3.Mengapa disebut Abang Mpok Depok? Apakah budaya Kota Depok adalah budaya Betawi?
Dari sisi geografis, Kota Depok terletak di Provinsi Jawa Barat, yang didominasi oleh budaya Sunda. Namun Kota Depok juga merupakan kota yang berbatasan langsung dengan Jakarta, yang berbudaya Betawi. Oleh karena itu, budaya Kota Depok merupakan akulturasi budaya Sunda dan Betawi. Meskipun demikian, budaya Kota Depok tetap didominasi budaya Betawi.

4. Siapa sajakah yang boleh mengikuti Pemilihan Abang Mpok Depok? Apakah harus orang Depok?
Tidak harus orang Depok. Pemilihan Abang Mpok Depok terbuka untuk yang memiliki KTP Depok atau yang berdomisili di kota Depok.

5. Berapakah jumlah finalis yang dipilih?
Finalis yang dipilih berjumlah 30 orang. 15 finalis Abang dan 15 finalis Mpok.

6. Bagaimana proses seleksinya?
Proses seleksi awal terdiri dari dua tahap. Pada tahap awal peserta akan melakukan ujian tertulis mengenai pengetahuan Kota Depok dan pengetahuan umum. Selain itu, peserta akan dibagi menjadi kelompok-kelompok dan akan diwawancarai oleh juri. Pada tahap pertama, akan dipilih 30 semifinalis Abang dan 30 semifinalis Mpok yang akan meneruskan ke tahap dua. Pada tahap dua, peserta akan diwawancara secara individu oleh juri, dan dipilih 15 pasang finalis Abang dan Mpok. 15 pasang finalis inilah yang akan menjalani pembekalan dan karantina untuk memperebutkan gelar Abang dan Mpok Depok pada malam final.

7. Apa sajakah yang dinilai selama proses seleksi?
Selain penampilan luar (kerapian dan kebersihan), yang akan dinilai adalah pengetahuan mengenai Kota Depok secara khusus dan Jawa Barat secara umum, pengetahuan umum, kemampuan public speaking, bahasa asing, dan psikologis peserta.

8. Apa saja kegiatan Abang Mpok Depok setelah terpilih?
Para finalis Abang Mpok Depok akan menjadi Duta Pariwisata, Seni, dan Budaya Kota Depok. Para finalis berkewajiban menjalankan tugas-tugas protokoler dari Pemerintah Kota Depok; membantu sosialisasi berbagai kebijakan dan informasi dari Pemerintah Kota Depok; mensosialisasikan pariwisata, seni, dan budaya Kota Depok; melakukan berbagai kegiatan sosial; dan kegiatan-kegiatan lain.

9. Benarkah Abang Mpok Depok akan mewakili Depok di kompetisi tingkat Jawa Barat?
Pemenang Abang Mpok Depok akan menjadi perwakilan Kota Depok dalam Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat. Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat adalah pemilihan duta pariwisata Provinsi Jawa Barat yang pesertanya merupakan pemenang pemilihan duta pariwisata 26 kota dan kabupaten di Jawa Barat.

10. Bagaimana jika ada pertanyaan lebih lanjut?
Untuk pertanyaan lebih lanjut, dapat menghubungi:
Bang Ihsan          : 085691256079
Mpok Rifa           : 085718212249
Bang Bre            : 085647336333
Email                  : abangmpok.depok@yahoo.com
Twitter               : @abgmpokdepok
Facebook           : www.facebook.com/abangmpokdepok

No comments:

Post a Comment