Menu

Wednesday, March 28, 2012

Abang Mpok Depok di Save The Heritage

Bermula dari keprihatinan beberapa pihak akan peninggalan sejarah Kota Depok yang terabaikan, Depok Heritage Community (DHC) bersama Ikatan Abang Mpok Depok (IKAM) melakukan kegiatan restorasi (perbaikan) terhadap peninggalan sejarah Kota Depok, yaitu Save The Heritage pada hari Minggu (26/2). Kali ini, peninggalan sejarah yang direstorasi adalah sebuah menara yang terletak di Jalan Kartini, Kota Depok. Menara ini adalah menara telekomunikasi pertama yang didirikan di Depok pada tahun 1900. Abang Mpok Depok berkumpul terlebih dahulu di Balaikota Depok, baru kemudian bersama-sama DHC dan menuju lokasi dengan bersepeda dan berjalan kaki. Yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Bang Rifa, Mpok Tami, Bang Daniel, Bang Bre, dan Mpok Tika. 

Bang Rifa

Bang Daniel

Bang Bre

Long March menuju lokasi

Tetap bersemangat meskipun lelah

Sesampainya di lokasi, terlihat sebuah menara yang kondisinya sangat memprihatinkan. Dinding tengah menara banyak ditempeli dengan stiker promosi, bagian tengah hingga puncak menara dipenuhi tali-tali spanduk, bahkan terdapat bak sampah berukuran 1x1 meter di bagian bawah.

Jalan Kartini, Depok 1

Menara yang akan direstorasi

Tanpa berlama-lama, semua pihak yang datang mulai memperbaiki menara tersebut. Tali-tali spanduk yang terpasang dilepas, stiker-stiker yang menempel dikikis, sampah-sampah yang ada di sekitar menara dibersihkan, dan pada akhirnya dilakukan pengecatan ulang terhadap menara tersebut. Abang Mpok Depok juga turut membantu proses restorasi.


\





Berisitrahat setelah restorasi

DHC dan IKAM

Save The Heritage rencananya tidak hanya dilaksanakan sekali ini saja, namun ke depannya juga akan dilanjutkan untuk merestorasi peninggalan-peninggalan yang lain. Diharapkan Save The Heritage ini dapat menyelamatkan peninggalan-peninggalan sejarah agar tidak rusak, sekaligus dapat meningkatkan kesadaran warga Depok, khususnya generasi muda, agar lebih peduli akan sejarah kotanya sendiri.

No comments:

Post a Comment